24 August 2018

Menilik Potensi Emas Perkembangan Properti di Jakarta Timur

Rencana pembangunan infrastruktur yang terus direalisasikan pemerintah pada beberapa wilayah di DKI Jakarta turut berperan aktif dalam menciptakan pusat pertumbuhan properti baru di Jakarta.

Pasalnya, pembangunan sarana infrastruktur tersebut secara tidak langsung membuat kawasan yang semula terkendala dari sisi aksesibilitas menjadi terbuka dan berkembang baik sebagai kawasan permukiman maupun bisnis potensial.

Secara umum, pasar properti Jakarta masih tetap menjanjikan sebagai barometer pusat bisnis dan perekonomian Indonesia. Selain pergerakan ke barat dan selatan ke arah TB Simatupang, pergerakan di koridor timur menunjukkan potensi yang menjanjikan.

Rencana pembangunan infrastruktur yang masif disertai dengan harga tanah yang relatif masih rendah dibandingkan dengan wilayah Jakarta lainnya memberikan peluang bertumbuhnya pasar lebih tinggi.

Lembaga pemerhati industri properti Indonesia Property Watch (IPW) mencatat dalam 3 tahun terakhir, pertumbuhan harga tanah perumahan di Jakarta Timur menempati urutan tertinggi sebesar 5,58% per tahun, dibandingkan Jakarta Selatan sebesar 4,19%, Jakarta Pusat 4,19%, Jakarta Barat 4,15%, dan Jakarta Utara 2,85%.

"Berdasarkan rating wilayah yang dilakukan Indonesia Property Watch dengan mempertimbangkan aspek potensi wilayah dan infrastruktur, pertumbuhan harga tanah, tingkat persaingan, dan image lokasi, Jakarta Timur berada di urutan tertinggi. Disusul Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda dalam paparannya pada acara Open House All Day Cluster Matana, Asya yang digelar di Asya Marketing Gallery, Jakarta Timur.

Menurut Ali, masih belum terkoneksinya ruas-ruas tol di koridor timur membuat banyak potensi pasar properti yang belum muncul di Jakarta Timur. Namun dengan terhubungnya Tol Cakung ke Cilincing-Tanjung Priok akan memberikan potensi yang luar biasa bagi pertumbuhan pasar properti di wilayah sekitarnya.

Dalam perkembangannya, lanjut Ali, selain pasar perumahan landed yang masih terbuka lebar di Jakarta Timur khususnya di segmen menengah atas, pasar apartemen dan komersial pun akan semakin berkembang mengejar ketertinggalannya dibandingkan dengan wilayah lainnya.

Sebagai salah satu arah pelebaran wilayah dari Kelapa Gading yang terus mengarah ke timur melewati Pulogadung dan Cakung, Jakarta Timur juga menyimpan potensi arah perkembangan dari CBD Jakarta yang terus mengarah ke Cawang ke arah jalur Light Rail Transit (LRT). Melihat hal tersebut, maka hampir sebagian besar kawasan Jakarta Timur mempunyai potensi yang tinggi.

Asya, Kawasan Perumahan Premium Potensial di Jakarta

Diantara beberapa kawasan perumahan potensial yang ada di Jakarta Timur, Asya merupakansalah satu proyek skala kota yang menawarkan banyak kelebihan. Misalnya lokasi yang strategis dan didukung berbagai infrastruktur memadai, konsep ramah lingkungan yang didukung keberadaan danau seluas 15 hektare, serta dikelilingi berbagai fasilitas berkelas untuk memanjakan para penghuninya.

Setelah diperkenalkan kepada masyarakat sejak akhir 2017 lalu, saat ini PT Astra Modern Land selaku pengembang proyek township Asya terus mempercepat pembangunan kawasan perumahan seluas 70 hektare di kawasan Jakarta Timur tersebut.

Selain landed house, proyek township Asya nantinya juga akan merangkum berbagai produk properti eksklusif seperti kondominium low riselake villas, area komersial, dan area ruang terbuka publik dengan total gross floor area sekitar 1 juta m2.

Township Asya nantinya juga akan dilengkapi fasilitas lakeside outdoor area seluas 2,8 hektare. Sementara, nilai investasi pembangunan proyek yang direncanakan hingga 15 tahun ke depan tersebut sebesar Rp20 triliun.

Astra Modern Land merupakan perusahaan yang dikelola bersama antara PT Astra Land Indonesia (perusahaan joint venture antara Astra International dan Hongkong Land Ltd) dan PT Mitra Sindo Makmur (anak perusahaan PT Modernland Realty Tbk.).

Dengan pengalaman dan reputasi yang dimiliki Astra International, Hongkong Land Ltd, dan Modernland Realty, Astra Modern Land akan membangun proyek Asya berstandar internasional.

Untuk mengembangkan Asya, Astra Modern Land menggandeng sejumlah konsultan asing dan lokal ternama yang memiliki pengalaman dan reputasi tinggi, antara lain Masterplan Consultant LWK&Partners Architects dari Hongkong, Landscape Consultant COEN dari Singapore, PTANG STUDIO LIMITED dari Hongkong sebagai Interior Consultant, serta Airmas Asri dan PT Selaras Alam Archinova dari Indonesia sebagai Architect Consultant.

Kawasan Asya juga memiliki aksesibilitas yang sangat baik dan dapat dicapai melalui berbagai akses. Kawasan Asya hanya 'selangkah' menuju pintu Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) yang terhubung dengan Tol Dalam Kota dan Tol Jakarta-Cikampek.

Saat ini juga telah beroperasi Jalan Tol Tanjung Priok yang merupakan bagian dari JORR. Keberadaan akses baru ini semakin menambah kemudahan mobilitas bagi penghuni Asya. Akses lainnya adalah jalan tembus Tipar Cakung yang membuat perjalanan dari Kelapa Gading menuju Asya hanya berjarak 5 km.

Pada tahap pertama, Asya menawarkan cluster eksklusifdi Semayang. Di atas lahan seluas 4 hektare akan dibangun sebanyak 211 rumah berdesain modern yang terdiri dari 5 tipe, yakni Corner Deluxe House (12X17m), 9 Deluxe (9X17m), Corner House (12X14m), 9 (9X14m) dan 7 (7X14m).

Perumahan Cluster Semayang didesain untuk meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup dengan ketinggian ruang tamu 4,3 meter, ketinggian Master Bedroom 3,9 meter, dan hampir semua kamar tidur memiliki kamar mandi di dalam.

Cluster Matana Limited Edition

Memasuki triwulan III 2018, Asya kembali menawarkan konsep terbaru dengan clusterteranyarnya yang bertajuk Matana "Limited Edition". Cluster Eksklusif ini diadopsi dari nama Matana yang merupakan nama salah satu sungai di Kalimantan.

Matana Limited Edition nantinya hanya akan merangkum sebanyak 28 unit rumah eksklusif yang terdiri dari 3 tipe, yaitu tipe 7 LE (7x14 m2), tipe 8 LE (8X14m2), tipe 12 Corner House LE (12X14m2).

Matana Limited Edition ini dirancang oleh Astra Modern Land sebagai produk yang berbeda dengan menggandeng P&T, desain arsitek ternama yang berasal dari Singapura.

Selain dari desainnya yang begitu menarik dan terkonsep, Astra Modern Land juga memperhatikan kebutuhan akan tempat tinggal yang nyaman baik itu untuk keluarga mudamaupun keluarga lanjut usia, tapi masih mengusung konsep ketinggian ceiling yang lebih tinggi daripada rumah tipikal sehingga memberikan kesan mewah dan nyaman dengan sirkulasi udara serta pencahayaan yang lebih baik.

Adapun harga yang ditawarkan mulai dari Rp 2,3 miliar untuk cara bayar cash keras, harga yang masih sangat terjangkau dengan tambahan berbagai cara bayar lainnya yang tidak kalah menariknya. Astra Modern Land juga telah bekerjasama dengan BCA, CIMB Niaga, dan Permata Bank untuk memudahkan para pembeli memproses cicilan KPR nya.

Presiden Direktur Astra Modern Land, Wibowo Muljono menuturkan hunian yang dikembangkan di kawasan perumahan Asya memiliki konsep ramah lingkungan dan selalu mengutamakan kenyamanan bagi penghuninya. Salah satunya, dengan keberadaan ceiling yang tinggi untuk memaksimalkan pencahayaan dan sirkulasi udara di dalam rumah.

"Selain dapat memaksimalkan ruang, faktor kenyamanan inilah yang kami adopsi dalam mengembangkan Township Asya," ujar Wibowo.

Sementara itu, Direktur PT Astra Modern Land Panji Nurfirman mengatakan Cluster MatanaLimited Edition lebih eksklusif dibanding cluster sebelumnya, Semayang. Sebab, desainnya berbeda dari cluster sebelumnya. Cluster Matana Limited mengusung konsep 2 lantai dengan memanfaatkan ruangan yang ada dan pencahayaan yang maksimal serta bisa dinikmati di setiap ruangan.

Cluster ini sangat cocok untuk semua kalangan, baik yang masih muda maupun yang sudah senior. Di dalam cluster Matana, nantinya juga akan dibangun cluster facility, menggenapi 2 club house besar di area Asya dan Jakarta Garden City (JGC).

"Beberapa kelebihan Asya selain pertumbuhan harga lahan yang terus meningkat adalah memiliki 15 hektare danau yang dilengkapi lake side facility seluas 2,8 hektar, selangkah dengan pusat perbelanjaan AEON Mall, aksesibilitas yang sangat mudah, serta shutle bus bagi para penghuni yang akan menuju stasiun LRT di Kelapa Gading. Unit-unit di Asya sendiri akan mulai diserahterimakan dalam 24 bulan ke depan," sebut Panji.

Untuk memberikan rasa aman, kawasan residensial Asya akan dijaga oleh petugas keamanan selama 24 jam dengan Triple Gated Security, Finger Print Access dan CCTVSementara untuk fasilitas komersial terdapat pusat perbelanjaan AEON Mall seluas 85.000myang telah dibuka sejak 30 September 2017, modern market, dan food garden.

Ada juga fasilitas pendidikan, di dalam kawasan sudah tersedia Sekolah Global Mandiri (TK-SMA) yang berbasis national plus, sementara di sekitar kawasan terdapat Singapore International School, BPK Penabur, North Jakarta International School, dan Al-Azhar.

Untuk fasilitas kesehatan, akan segera dibangun Mayapada Hospital dan di sekitar kawasan terdapat Rumah Sakit Gading Pluit serta Mitra Keluarga.

Akibat banyaknya permintaan akan Cluster Matana Limited ini, Astra Modern Land akan membuka sistem NUP (Nomer Urut Pembelian) mengingat jumlah unit yang sangat terbatas.

Berikut NUP yang ditawarkan dalam dua pilihan.

1. VIP PASS (Rp 25 juta) non-refundable yaitu dengan keuntungan dapat memilih unit terlebih dahulu serta mendapatkan diskon tambahan
2. PRIVILEGE PASS (Rp 25 juta) fully refundable yaitu dapat memilih unit setelah peserta VIP dan tidak mendapatkan diskon.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung datang ke Marketing Gallery Asya di Jl. Asya Boulevard, Jakarta Garden City, Jakarta Timur (Seberang AEON Mall JGC). Bisa juga konsultasi dengan Team Marketing terbaik Asya di (021) 8080 8888 atau kunjungi situs www.asya.co.id

 

https://news.detik.com/adv-nhl-detikcom/d-4179732/menilik-potensi-emas-perkembangan-properti-di-jakarta-timur

Contact Us